PTK CERDAS, BERKARAKTER, PROFESIONAL

Pengembangan Tendik & Tekpendik yang Cerdas, Berkarakter dan Profesional

Latar Belakang

¨masa usia dini adalah the Golden Ages atau periode keemasan.

¨saat lahir otak bayi mengandung 100 sampai 200 milyar neuron atau sel syaraf yang siap melakukan sambungan antar sel. Setiap informasi yang diterima akan meningkatkan jumlah sambungan antar sel.

¨PAUD diharapkan dapat membantu memberikan pendidikan yang berkualitas pada anak usia dini, sehingga stimulasi dapat berjalan optimal

Sasaran Pendidikan Usia Dini

Melatih kemandirian

Belajar berbagi kasih sayang

Mengasah kemampuan bergaul

Belajar mengontrol diri

Belajar mengenal peran jenis kelamin

Belajar memahami anggota tubuhnya sendiri

Latihan keterampilan motorik halus dan besar

Belajar kata baru dan memahami orang lain

Belajar mengontrol lingkungan

Mengembangkan rasa positif terhadap hubungan dengan lingkungan

Oleh karena itu,

Untuk mendukung pencapaian sasaran pendidikan usia dini, diperlukan pengembangan tendik dan tekpendik PAUD yang CERDAS, BERKARAKTER dan PROFESIONAL

MENGAPA TENDIK/ TEKPENDIK PERLU CERDAS ?

Cerdas tidak hanya mencangkup kemampuan kognitif (IQ). Kecerdasan merupakan keseluruhan kapasitas yang dimiliki seseorang dalam pemecahan masalah (Gardner, 1983)

Tendik/ Tekpendik yang cerdas berarti tendik/ tekpendik yang memiliki kapasitas dalam memecahkan masalah yang dihadapi.

Tendik/ tekpendik perlu memiliki pemahaman tentang kecerdasan serta mengasah kecerdasan yang dimiliki.

Howard Gardner memperkenalkan istilah Multiple Intelligence (Kecerdasan Majemuk) untuk menjelaskan bahwa kecerdasan mencakup berbagai bidang kehidupan manusia.

Multiple Intelligence
(
Kecerdasan Majemuk)

Kecerdasan gerak tubuh

Kecerdasan gambar dan ruang

Kecerdasan bahasa

Kecerdasan logika dan angka

Kecerdasan  dalam musik

Kecerdasan intra pribadi

Kecerdasan antar pribadi

Kecerdasan memahami alam

Kecerdasan moral

Manfaat Memahami dan Mengasah Multiple Intelligence Bagi Tendik/ Tekpendik

Mengetahui potensi yang dimiliki

Meningkatkan kompetensi dalam menghadapi tuntutan situasi (belajar-mengajar, pergaulan, dsb)

Meningkatkan kemampuan untuk mencari solusi masalah (kreativitas)

Membuka kesempatan bagi guru untuk menggunakan teknik maupun pendekatan kepada siswa sesuai dengan jenis kecerdasan yang dimiliki

Meningkatkan pemahaman bahwa setiap siswa cerdas dan unik

Oleh karena itu,

Tendik/ Tekpendik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)

MERANGSANG SELURUH ASPEK KECERDASAN ANAK (KECERDASAN MAJEMUK/ MULTIPLE INTELLIGENCE)

MENGAPA TENDIK/ TEKPENDIK PERLU BERKARAKTER?

Dalam pemecahan masalah, agar sesuai dengan nilai yang berlaku, tendik/ tekpendik perlu memiliki karakter yang baik

Karakter terdiri dari sifat-sifat baik sebagai bentuk dari perilaku yang sesuai moral. Karakter merupakan bentuk penerapan dari moral (Lickona, 2004)

Tendik/ tekpendik yang berkarakter berarti seseo yang mampu mengaplikasikan nilai moral dalam kehidupan, baik dalam kegiatan belajar mengajar maupun keseharian.

Hal yang perlu dipahami dari moral

Moral adalah sekumpulan prinsip atau standar perilaku yang akan membantu individu untuk membedakan yang baik dan buruk, dan bertingkah laku sesuai dengan prinsip itu. (Schefer, dalam Eysenck, 2002)

Moral adalah sesuatu yang dapat dipelajari

Perlu stimulasi agar moral berkembang à tidak otomatis berkembang sesuai usia

Stimulasi moral perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari atau dalam kurikulum secara keseluruhan

Tendik memiliki peranan penting dalam penanaman nilai-nilai moral, khususnya di sekolah

7 Sifat Dasar Moral (Borba, 2001)

Empati (Empathy), untuk memahami bagaimana perasaan orang lain.

Hati Nurani (Conscience), untuk membantu memutuskan mana yang benar dan salah.

Kontrol Diri (Self-control), untuk mengendalikan dorongan dan berpikir sebelum bertindak.

Menghargai (Respect), untuk memperlakukan dan menganggap orang lain berharga.

Kebaikan (Kindness), untuk lebih memperhatikan kesejahteraan orang lain.

Tenggang Rasa (Tolerance), agar menghargai perbedaan kualitas tiap individu.

Keadilan (Fairness), untuk memperlakukan orang lain secara layak, adil, dan tidak memihak, sesuai dengan aturan.

Komponen Karakter

Peran tendik/ tekpendik dalam menanamkan nilai moral
di sekolah

Memberikan contoh yang baik kepada siswa

Menyusun kurikulum, materi pembelajaran yang mendukung pengembangan moral (Tendik)

Membangun atmosfer yang mendukung penanaman nilai moral pada siswa

Oleh karena itu, tendik/ tekpendik harus memiliki kemauan untuk berubah dan terus memperbaiki diri.

MENGAPA TENDIK/ TEKPENDIK PERLU PROFESIONAL ?

Profesional berarti kemampuan menjalankan suatu pekerjaan yang dilandasi pendidikan keahlian (keterampilan, kejuruan, dsb) tertentu.

Guru yang profesional berarti guru yang memiliki KOMPETENSI, ILMU DAN WAWASAN yang mendukung untuk menjalankan profesi dan tanggungjawabnya.

Terkait dengan Kompetensi

Terkait dengan Ilmu dan Wawasan

National Association for Education of Young Children (NAEYC) dan Association for Childhood Education International (ACEI) menyebutkan beberapa pengetahuan yang perlu dimiliki dan diperbaharui (update) oleh tendik/ tekpendik PAUD, yakni :

Pengetahuan tentang dasar-dasar pendidikan anak usia dini

Pengetahuan tentang pertumbuhan dan perkembangan anak

Pengetahuan tentang kurikulum

Pengetahuan tentang  proses belajar mengajar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s