DEFINISI, OBJEK, METODE, MANFAAT PSIKOLOGI PENDIDIKAN

}PENGANTAR PSIKOLOGI PENDIDIKAN

}DRA. LILIS MADYAWATI M.Si

}SEJARAH

}Psikologi pendidikan merupakan cabang dari ilmu psikologi yang mengkaji pemahaman mengenai pembelajaran dalam pendidikan

}Bidang ini dibentuk oleh beberapa ahli psikologi pada akhir abad ke – 19 tepat sebelum abad ke-20

}William James

}Observasi pengajaran dan pembelajaran di dalam kelas untuk meningkatkan pembelajaran

}Memulai pelajaran tepat di titik luar tingkat pengetahuan dan pemahaman anak untuk memperluas pikiran si anak.

}

}John Dewey

}Anak merupakan pembelajar aktif

}Anak seharusnya tidak hanya dididik dalam mata pelajaran akademis saja, namun seharusnya juga mempelajari cara-cara beradaptasi dengan dunia luar

}Semua anak pantas mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan keadaan dirinya.

}

}Edward Lee Thorndike

}Fokus pandangan Thorndike adalah pada assesmen dan penilaian serta mempromosikan tiang fondasi belajar yang ilmiah

}Tugas yang paling penting dari pendidikan yang diterima di sekolah adalah untuk mengasah ketrampilan pemikiran anak-anak

}

}Mamie dan Kenneth Clark

}Meneliti tentang gambaran diri dan identitas anak-anak Amerika Afrika.

}George Sanchez

}Meneliti tes kecerdasan biasanya bisa terhadap anak-anak etnis minoritas

}DEFINISI PSIKOLOGI PENDIDIKAN

}Definisi Awam

Suatu cara untuk mengembangkan ketrampilan, kebiasaan dan sikap-sikap yang yang bertujuan untuk mengembangkan atau mengubah kognisi, afeksi dan konasi seseorang agar ia menjadi warga negara yang baik.

}Definisi Psikologi

  1. Proses

Segala sesuatu yang mencakup segala bentuk aktivitas yang akan memudahkan dalam kehidupan bermasyarakat

  1. Hasil

Segala sesuatu yang mencakup segala perubahan yang terjadi sebagai konsekuensi atau akibat dari partisipasi individu dalam kegiatan belajar.

}

}PENTINGNYA PSIKOLOGI PENDIDIKAN

}Mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kegagalan kita dalam memberikan pengajaran. Misalnya: stres, temperamen, situasi lingkungan dan lain sebagainya.

}Mengetahui bagaimana perkembangan anak,perkembangan kognitif,teori belajar dan yang tidak kalah penting adalah psikologi sosial, sebab hubungan siswa dan guru merupakan masalah sosial (Djiwandono,2006)

}

}PENGAJAR

}Trik/ cara-cara untuk mengatasi permasalahan psikologis siswa

}Misalnya :

}Aspek-Aspek Pendidikan

}Pendidikan Informal

  Proses belajar yang relatif tak disadari yang kemudian menjadi kecapakan dan sikap hidup sehari-hari

}Pendidikan Formal

  Pendidikan yang dilaksanakan dengan sengaja dengan tujuan dan bahan ajar yang dirumuskan secara jelas dan diklasifikasikan secara tegas.

}Pendidikan Non Formal

  Pendidikan yang dilaksanakan dengan sengaja tetapi tidak memenuhi syarat untuk termasuk dalam jenjang pendidikan formal.

}

}Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan

}Metode dalam Psikologi Pendidikan

}Introspeksi

}Observasi

}Metode Klinis

}Metode Diferensial

}Metode Ilmiah

}Metode Eksperimen

}

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s