JENIS KETRAMPILAN DASAR MENGAJAR

Keterampilan Dasar Mengajar

DRA LILIS MADYAWATI, M.SI

Keterampilan Dasar Mengajar

1.Bertanya Dasar dan Lanjut

2.Memberi Penguatan

3.Mengadakan Variasi

4.Menjelaskan

5.Membuka dan Menutup Pelajaran

6.Memimpin Diskusi Kelompok Kecil

7.Mengelola Kelas

8.Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan

  1. A. Keterampilan Bertanya Dasar

1.Membangkitkan minat dan rasa ingin tahu peserta didik terhadap materi pembelajaran;

2.Memusatkan perhatian peserta didik terhadap fokus permasalahan yang sedang dibahas;

3.Meningkatkan aktivitas belajar peserta didik;

4.Meningkatkan kemampuan berpikir peserta didik dari kemampuan berpikir tingkat rendah ke tingkat yang lebih tinggi;

5.Membantu peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran yang telah disepakati.

Komponen Keterampilan Bertanya Dasar

1.Pengungkapan pertanyaan secara jelas

2.Pemberian acuan

3.Pemusatan perhatian

4.Pemindahan giliranan

5.Penyebaran

6.Pemberian waktu berpikir

7.Pemberian tuntunan

Komponen Keterampilan Bertanya Dasar

Hal-hal yang harus diperhatikan

1.Kehangatan dan keantusiasan

2.Kebiasaan yang harus dihindari :

Menjawab pertanyaan sendiri

Mengulang jawaban peserta didik

Mengajukan pertanyaan secara berulang-ulang

Meminta jawaban secara serempak dari peserta didik

Keterampilan Bertanya Lanjut

1.Mengembangkan kemmapuan peserta didik dalam menemukan, mengorganisasi, dan menilai informasi yang didapatnya

2.Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membentuk dan mengungkapkan pertanyaan-pertanyaan yang didasarkan atas informasi yang lengkap dan relevan

3.Mendorong peserta didik untuk mengembangkan ide-ide, dan mengemukakan ide-ide kepada teman-temannya secara timbal balik

4.Memberikan kesempatan kepada semua peserta didik untuk memperoleh sukses melebihi yang bisa dicapainya.

Komponen Keterampilan Bertanya Lanjut

1.Pengubahan tuntutan tingkatan kognitif dalam menjawab pertanyaan

2.Pengaturan urutan pertanyaan

3.Penggunaan pertanyaan pelacak

a.Klasifikasi

b.Meminta peserta didik memberikan alasan

c.Meminta kesepakatan pandangan

d.Meminta ketepatan jawaban

e.Meminta jawaban yang lebih relevan

f.Meminta contoh

g.Meminta jawaban yang lebih kompleks

  1. Peningkatan terjadinya interaksi
  2. Keterampilan Memberi Penguatan

1.Meningkatkan perhatian peserta didik

2.Membangkitkan dan memelihara motivasi belajar peserta didik

3.Memberi kemudahan belajar kepada peserta didik

4.Mengontrol dan memodifikasi tingkah laku peserta didik yang kurang positif serta mendorong munculnya tingkah laku yang produktif

5.Mengarahkan kepada cara berpikir yang baik dan inisiatif pribadi

Prinsip Keterampilan Memberi Penguatan

1.Kehangatan dan keantusiasan

2.Kebermaknaan

3.Menghindari penggunaan respon yang negatif

Komponen Keterampilan Memberi Penguatan

1.Penguatan Verbal

2.Penguatan Gestural (mimik/gerak badan)

3.Penguatan dengan cara mendekati

4.Penguatan dengan sentuhan

5.Penguatan dengan kegiatan yang menyenangkan

6.Penguatan berupa tanda atau benda

7.Penguatan tak penuh

  1. Keterampilan Mengadakan Variasi

1.Memelihara dan meningkatkan perhatian peserta didik terhadap hal-hal yang berkaitan dengan aspek belajar;

2.Meningkatkan kemungkinan berfungsinya motivasi dan rasa ingin tahu peserta didik melalui kegiatan investigasi dan eksplorasi;

3.Membentuk sikap[p positif terhadap guru dan sekolah

4.Kemungkinan dilayaninya peserta didik secara individual, sehingga memberikan kemudahan belajar;

5.Mendorong aktivitas belajar atau cara belajar peserta didik yang berkadar tinggi dengan cara melibatkan peserta didik melalui berbagai kegiatan atau pengalaman belajar yang menarik

Prinsip Keterampilan Mengadakan Variasi

1.Perubahan yang digunakan harus bersifat efektif

2.Penggunaan teknik mengadakan variasi harus lancar dan tepat

3.Penggunaan komponen-komponen variasi harus benar-benar terstruktur dan direncanakan sebelumnya

4.Penggunaan komponen mengadakan variasi harus luas dan spontan berdasarkan balikan dari peserta didik

Komponen Keterampilan Mengadakan variasi

1.Variasi dalam gaya mengajar

a.Penggunaan variasi suara

b.Pemusatan perhatian

c.Kesenyapan

d.Mengadakan kontak pandang

e.Gerakan badan dan mimik

f.Perubahan posisi

  1. Variasi dalam penggunaan media dan bahan pelajaran

a.visual

b.audio

c.Taktik/manipulatip

  1. Variasi pola interaksi dan kegiatan siswa

a.klasikal

b.kelompok

c.perorangan

d.Diskusi, latihan, demonstrasi

  1. D. Keterampilan Menjelaskan

Komponen Keterampilan Menjelaskan

Prinsip Keterampilan Menjelaskan

  1. Keterampilan Memimpin Diskusi Kelompok Kecil

Komponen Keterampilan Memimpin Diskusi Kelompok Kecil

1.Memusatkan Perhatian

a.Mengemukakan Tujuan

b.Mengemukakan Masalah

c.Menandai Ketidakrelevanan dengan tujuan

d.Merangkum

  1. Memperjelas masalah

a.Menguraikan kembali

b.Mengajukan pertanyaan

c.Menguraikan gagasan

  1. Menganalisis pandangan siswa

a.Meneliti alasan

b.Memperjelas

Komponen Keterampilan Memimpin Diskusi Kelompok Kecil

  1. Menyebarkan kesempatan partisipasi

a.Memancing pendapat

b.Mencegah pembicaraan serentak

c.Mencegah monopoli

d.Mendorong siswa berkomentar

e.Meminta pendapat

  1. Meningkatkan Urunan/hasil pembahasan

a.Mengajukan pertanyaan kunci

b.Memberi contoh

c.Memberi waktu berpikir

d.Menghangatkan suasana

e.Memberi dukungan

  1. Menutup diskusi

a.Rangkuman

b.Memberi bayangan tindak lanjut

c.Menilai proses diskusi

Keterampilan Memimpin Diskusi Kelompok Kecil

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s