uji kompetensi guru paud

UJI KOMPETENSI TENAGA PENDIDIK PAUD 2015
Bubuhkan tanda silang (X) pada A,B,C,atau D yang tepat!
1.
Ada lima pusat kontrol yang mengatur setiap gerak anak. Salah satunya yaitu bagian yang mengatur pergerakkan seluruh tubuh dan koordinasi gerakan tubuh, adalah
A. Cerebral cortex
B. Batang otak
C. Cerebellum
D. Basal ganglia
2. Guru wajib memiliki sifat empati pada orang lain, toleransi pada orang lain, memiliki sikap dan kepribadian yang positif serta melekat pada setiap kopetensi yang lain, dan mampu bekerja sama dengan orang lain. Hal tersebut termasuk jenis kompetensi :
A. Kompetensi Paedagogik

B. Kompetensi Profesional
C. Kompetensi Profesional
D. Kompetensi Sosial
3. Guru harus memiliki pemahaman akan sifat, ciri anak didik dan perkembangannya, mengerti beberapa konsep pendidikan yang berguna untuk membantu siswa, menguasai beberapa metodologi mengajar yang sesuai dengan bahan dan perkambangan siswa, sertanmenguasai sistem evaluasi yang tepat dan baik yang pada gilirannya semakin meningkatkan kemampuan siswa. Hal ini termasuk dalam jenis kompetensi :
A. Kompetensi Paedagogik
B. Kompetensi Profesional
C. Komppetensi Kepribadian
D. Kompetensi Sosial
4. Salah satu nilai yang dimiliki media pembelajaran, yaitu
A. Membuat abstrak konsep-konsep yang nyata
B. Membangkitkan motivasi belajar anak
C. Menumbuhkan individualism anak dalam belajar
D. Mengontrol ketepatan mengajar guru
5. Media pembelajaran merupakan bagian integral dari keseluruhan proses pembelajaran
A. Media pembelajaran meletakkan dasar-dasar yang konkret
untuk melatih proses berfikir anak
B. Posisi media pembelajaran saling terkait dengan komponen
pembelajaran lainnya
C. Media pembelajaran harus memungkinkan dapat mempercepat
proses belajar
D. Media pembelajaran memiliki fungsi ganda yaitu sebagai alat
bantu pendidikan dan fungsi hiburan
6. Proses sosialisasi adalah……………..
A. Menyesuaikan perilaku dengan patokan yang dapat diterima
setiap kelompok sosial
B. Memainkan peran sosial yang dapat diterima setiap kelompok
sosial
C. Belajar berperilaku yang dapat diterima setiap kelompok sosial
D. Belajar berperilaku yang dapat diterima setiap kelompok sosial
7. Salah satu unsur kreativitas adalah
A. Merupakan suatu cara berpikir, tidak sinonim dengan
kecerdasan yang mencakup kemampuan mental selain berpikir
B. Mempunyai maksud dan tujuan yang ditentukan, bukan fantasi
semata
C. Ditandai oleh banyak (lebih dari satu) kemungkinan jawaban
dalam menghadapi persoalan
D. Dapat berbentuk produk seni, kesusastraan, produk ilmiah, atau
bersifat prosedural/metodologis
8. Pernyataan yang benar adalah :
A. kedua pernyataan di bawah salah
B. kedua pernyataan di bawah salah
C. kekurangannya yakni pada patokan yang digunakan dan hal itu tergantung pada pertimbangan guru yang bersangkutan
D. pernyataan di atas semuanya benar
9. Secara harafiah media berarti
A. Perantara

Perantara
B. Sumber pesan
C. Penerima pesan
D. Metode pembelajaran
10. Bagaimanakah gambaran orang yang sosial?
A. Orang yang menginginkan kehadiran orang lain
B. Orang yang kesepian jika berada seorang diri di suatu tempat
C. Orang yang merasa puas semata-mata karena berada
bersama orang lain
D. Orang yang perilakunya mecerminkan keberhasilan dalam
proses sosialisasi
11. Karakteristik perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun
A. Menggambar dengan gerakan naik turun bersambung (seperti gunung atau bukit)
B. Menggambar garis lingkaran dan garis silang (garis tegak dan datar)
C. Menggambar garis lurus
D. Menggambar coret-coretan
12. Yang tidak termasuk dalam karakteristik kepribadian kreatif adalah
A. Mempunyai kekuatan energi fisik yang memungkinkan mereka
bekerja berjam-jam dengan konsentrasi penuh, tetapi juga bisa
tenang dan rileks, bergantung pada situasinya
B. Mempunyai kemampuan untuk melihat bermacam-macam
kemungkinan penyelesaian terhadap suatu masalah
C. Sangat bersemangat (passionate) bila menyangkut karya
mereka, tetapi juga sangat objektif dalam penilaian karyanya
D. Sikap keterbukaan dan sensitivitas sering membuatnya
menderita jika mendapat banyak kritik dan serangan terhadap
hasil jerih payahnya, namun di saat yang sama juga merasakan
kegembiraan yang luar biasa
13. Faktor-faktor apakah yang mempengaruhi perkembangan emosi pada anak
A. Faktor keturunan dan lingkungan
B. Faktor bawaan dan pendidikan
C. Faktor kematangan dan belajar
D. Faktor intelektual dan sosial
14. Proses penyerapan informasi baru ke dalam informasi yang telah ada di dalam skemata (struktur kognitif) anak adalah
A. Ekuilibrium
B. Akomodasi
C. Adaptasi
D. Asimilasi
15. Proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dimana penerima pesan dan pengirim pesan mempunyai latar belakang berbeda, baik dari latar belakang sosial budaya, agama, pendidikan, karakteristik lain disebut . . . .
A. Heterofil
B. Homofil
C. Holomofil
D. Homogen
16. Berikut ini adalah contoh perkembangan individu yang terkait dengan budaya
A. anak memegang pensil dengan benar
B. anak berjalan di atas titian secara seimbang
C. anak mampu berbicara dengan bahasa yang halus
D. anak mampu menggunakan egrang
17. Bahan ajar yang cocok untuk anak TK pada prinsipnya harus memenuhi beberapa hal, antara lain
A. Kompleks
B. Abstrak
C. Konkret
D. Tidak berwarna
18. Manakah kegiatan yang paling mungkin dilakukan oleh guru pada saat ia ingin mengenalkan binatang kepada anak-anak
A. Mendatangkan pawing ular ke kelas
B. Mengundang petugas bonbin ke kelas
C. Menampilkan berbagai macam binatang melalui gambar
D. Menampilkan berbagai macam binatang melalui gambar
19. Berikut yang pemahaman PALING mendekati konsep perkembangan sosial adalah
A. kesediaan seseorang untuk memberi sesuatu kepada orang
atau bergotong-royong
B. kemampuan anak untuk menghafal nama-nama tokoh
C. kemampuan anak berperilaku sesuai dengan tuntutan
masyarakat
D. kemampuan anak untuk memberikan saran kepada temannya
yang minder
20. Alat Permainan Edukatif untuk anak TK dapat didefinisakan sebagai
A. Semua alat yang digunakan anak TK untuk memenuhi
kebutuhan naluri bermainnya
B. Alat permainan yang sengaja dirancang untuk kebutuhan
pendidikan
C. Alat permainan yang dirancang secara khusus untuk
meningkatkan aspek-aspek perkembangan anak TK
D. Alat permainan yang popular di kalangan anak TK
21. Berikut adalah salah satu contoh tugas perkembangan sosial di taman kanak-kanak
A. anak tidak malu bercerita di depan kelas
B. anak saling bertukar alat main dengan temannya
C. anak mampu mengitung jumlah temannya yang hadir dan yang
absen
D. anak mampu menyebutkan anggota keluarganya
22. Berikut ini pernyataan mana yang paling benar
A. Peran media dalam proses pembelajaran di TK, adalah sebagai
alat bantu guru mengajar
B. Tujuan utama penggunaan media pembelajaran di TK, adalah
terjadinya proses belajar pada diri anak
C. Media pembelajaran di TK identik dengan segala peralatan yang
dugunakan dalam proses pembelajaran
D. Guru merupakan pihak yang paling berkepentingan dalam
pemanfaatan media pembelajaran di TK
23. Teori yang menyatakan bahwa semua anak dilahirkan dengan memiliki kemampuan untuk menggunakan bahasa adalah
A. Sosiokultural
B. Genetik
C. Behavioristik
D. Konstruktivistik
24. Proses sosialisasi adalah
A. Menyesuaikan perilaku dengan patokan yang dapat diterima setiap kelompok sosial
B. Memainkan peran sosial yang dapat diterima setiap kelompok sosial
C. Belajar berperilaku yang dapat diterima setiap kelompok sosial
D. Belajar berperilaku yang sesuai dengan standar perilaku yang diterima
25. Yang tidak termasuk kreativitas adalah
A. Kemampuan seseorang untuk menghasilkan komposisi, produk
atau gagasan apa saja yang pada dasarnya baru, dan
sebelumnya tidak dikenal pembuatannya
B. Dapat berupa kegiatan imajinatif sintesis pemikiran yang
hasilnya bukan hanya perangkuman
C. Cara berpikir yang bersifat logis/rasional, analitis, konvergen,
teratur, dan linier
D. Cara berpikir yang bersifat divergen, intuitif, holistik,
multidimensional, dan human
26. Semantik sebagai salah satu komponen bahasa adalah
A. Susunan kata, organisasi kalimat, dan elemen lain suatu kalimat
B. Suatu pengertian yang mengacu pada susunan internal yang
terdapat dalam sebuah kata
C. Suatu sistem aturan yang mengatur suatu pengertian atau visi
dari suatu kata atau kombinasi beberapa kata
D. Berkaitan dengan kaidah yang membentuk struktur, distribusi
dan urutan ujaran, dan susunan suku kata
27. Gaya pengasuhan yang mendorong anak-anak agar mandiri tetapi masih menetapkan batas-batas dan pengendalian atas tindakannya adalah
A. Pengasuhan permissive-indulgent
B. Pengasuhan otoritatif
C. Pengasuhan permissive-indefferent
D. Pengasuhan otoriter
28. Tahap pada saat individu/kelompok mulai membentu sikap menyenangi atau tidak menyenangi terhadap inovasi dikategorikan ……………………………
A. Tahap pengetahuan (kowledge)
B. Tahap bujukan (persuasion)
C. Tahap pengembalian keputusan (decision making)
D. Tahap implementasi (implementation)
29. Hal yang harus diperhatikan dari sisi guru pada saat akan menggunakan metode bercerita adalah
A. jenis cerita
B. tema cerita
C. penguasaan karakter tokoh cerita
D. pengaturan tempat duduk
30. Anak usia taman kanak-kanak berada pada tahap perkembangan
A. Praoperasional
B. Formal operasional
C. Konkrit operasional
D. Sensorimotor
31. Karakteristik perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun
A. Menggambar dengan gerakan naik turun bersambung (seperti
gunung atau bukit)
B. Menggambar garis lingkaran dan garis silang (garis tegak dan
datar)
C. Menggambar garis lurus
D. Menggambar coret-coretan
32. Media pembelajaran dapat membantu terjadinya perluasan area of experience guru dan anak, maksudnya ialah
A. Guru memiliki daerah pengalaman yang lebih luas dari pada
anak
B. Daerah pengalaman guru dan anak mendekati kesamaan’
C. Pengalaman anak menjadi lebih baik disbanding gurunya
D. Anak menjadi lebih banyak memperoleh pengalaman belajar
33. Prinsip evaluasi meliputi hal-hal sebagai berikut ini kecuali :
A. objektivitas
B. kontinuitas
C. integritas
D. keefektifan
34. Kalau tes sudah dibakukan, maka tes itu :
A. sudah diuji lapangan
B. absah
C. mahal
D. merupakan ukuran bakat
35. Dari jenis soal ini, mana yang paling dihindari sebagai tes satu soal :
A. penilaian produk
B. benar salah
C. pilihan ganda
D. menjodohkan
36. Diantara bentuk soal berikut, mana yang paling menguntungkan untuk mengukur sasaran yang meminta siswa mengingat informasi, tidak hanya mengenalinya :
A. jawaban pendek
B. menjodohkan
C. benar salah
D. pilihan ganda
37. Salah satu komponen bahasa yang menekankan pada penggunaan bahasa dalam konteks komunikatif adalah
A. Morfologi
B. Fonologi
C. Semantik
D. Pragmatik
38. Yang tidak termasuk dalam prinsip-prinsip DAP (Developmentally Appropriate Practice) yang diterapkan sebagai acuan bagi pembelajaran anak usia dini agar sesuai dengan tahap perkembangan anak adalah
A. Membuat lingkungan yang saling asuh
B. Pembelajaran untuk membantu perkembangan dan belajar anak
C. Menyusun kurikulum yang sesuai
D. Memacu perkembangan anak dengan memberikan pelajaran
baca dan menulis
39. Guru haruslah memiliki jati diri sebagai pribadi yang baik, tanggung jawab, terbuka, dan terus mau belajar untuk maju. Hal ini termasuk jenis kompetensi :
A. Kompetensi Paedagogik
B. Kompetensi Profesional
C. Kompetensi Kepribadian
D. Kompetensi Sosial
40. Pemanfaatan berbagai sumber belajar dalam pembelajaran anak TK memiliki berbagai manfaat, antara lain
A. Kegiatan belajar anak menjadi kurang menarik
B. Kegiatan belajar anak tidak menyenangkan
C. Pengetahuan anak tidak bertambah
D. Motivasi belajar anak semakin meningkat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s