PSIKOLOGI PENDIDIKAN 1

PSIKOLOGI PENDIDIKAN

Dra. Lilis Madyawati, M.Si

PRODI PG-PAUD
FKIP- UM MAGELANG
2016
BAB I PENDAHULUAN
PENGANTAR
ASPEK-ASPEK PENDIDIKAN
DEFINISI PENDIDIKAN
SEJARAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN
KONTRIBUSI PSIKOLOGI PENDIDIKAN BAGI TEORI & PRAKTEK PENDIDIKAN
METODE-METODE DALAM PSIKOLOGI PENDIDIKAN
A. PENGANTAR
Manfaat Psikologi Pendidikan
Psikologi Pendidikan = Ilmu Terapan
Long Life Education
B. ASPEK-ASPEK PENDIDIKAN
Pendidikan Informal
Pendidikan Formal
Pendidikan Non-formal
B. ASPEK-ASPEK PENDIDIKAN1. Pendidikan Informal
B. ASPEK-ASPEK PENDIDIKAN2. Pendidikan Formal
B. ASPEK-ASPEK PENDIDIKAN3. Pendidikan Non Formal
C. DEFINISI PENDIDIKAN
Definisi Awam
Definisi Psikologi
Definisi Uu Sisdiknas No.2/2003

C. DEFINISI PENDIDIKAN 1. Definisi Awam
C. DEFINISI PENDIDIKAN 2. Definisi Psikologi
D. SEJARAH PSIKOLOGI PENDIDIKAN
DEMOCRITUS
PLATO&ARISTOTELES
ARISTOTELES
JOHN AMOS COMENICUS
ROUSSEAU
JOHN LOCKE

JOHN HEINRICH PESTALOZZI
FRANCIS GALTON
STANLEY HALL
WILLIAM JAMES
CATTEL
BINET
ABAD KE-20

E. KONTRIBUSI PSIKOLOGI PENDIDIKAN BAGI TEORI & PRAKTEK PENDIDIKAN
Kontribusi Bagi Proses Pendidikan
Kontribusi Bagi Peserta Didik
Kontribusi Bagi Pendidik
E. KONTRIBUSI PSIKOLOGI PENDIDIKAN BAGI TEORI & PRAKTEK PENDIDIKAN1. Kontribusi Bagi Proses Pendidikan
Penggunaan audio visual aids
Membantu dalam pengelolaan sekolah
Membantu dalam penyusunan jadwal pelajaran
Membantu terhadap produksi buku pelajaran
Memberi dasar bagi penyusunan kurikulum

E. KONTRIBUSI PSIKOLOGI PENDIDIKAN BAGI TEORI & PRAKTEK PENDIDIKAN2. Kontribusi Bagi Peserta Didik
Mengerti hakekat belajar
Pendidikan yang lebih kooperatif dan demokratif bagi siswa
Membantu perkembangan kepribadian siswa melalui kegiatan ekstra/intra kurikuler

E. KONTRIBUSI PSIKOLOGI PENDIDIKAN BAGI TEORI & PRAKTEK PENDIDIKAN3. Kontribusi Bagi Pendidik
Pendidik lebih terbuka terhadap perbedaan individu
Mengetahui metode mengajar yang efektif
Memahami permasalahan anak didik
Membantu dalam evaluasi belajar
Meningkatkan kemampuan meneliti
Mengarahkan pendidik dalam menangani anak-anak khusus

F. METODE-METODE DALAM PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Introspeksi
Observasi
Metode Klinis
Metode Diferensial
Metode Ilmiah
Metode Eksperimen
F. METODE-METODE DALAM PSIKOLOGI PENDIDIKAN1. Instrospeksi
F. METODE-METODE DALAM PSIKOLOGI PENDIDIKAN2. Observasi
F. METODE-METODE DALAM PSIKOLOGI PENDIDIKAN3. Metode Klinis
F. METODE-METODE DALAM PSIKOLOGI PENDIDIKAN4. Metode Diferensial
F. METODE-METODE DALAM PSIKOLOGI PENDIDIKAN5. Metode Ilmiah
F. METODE-METODE DALAM PSIKOLOGI PENDIDIKAN6. Metode Eksperimen
BAB II BAKAT & INTELEGENSI
PENDAHULUAN
INTELEGENSI
BAKAT
LINGKUNGAN & HEREDITAS
KELAS SOSIAL & IMPLIKASINYA DALAM PENDIDIKAN
DIKOTOMI DESA-KOTA
JENIS KELAMIN
A. PENDAHULUAN
Bakat & intelegensi merupakan kemampuan mental individu
B. INTELEGENSI
Sejarah Intelegensi
Pengertian Intelegensi
Teori-teori Intelegensi
Pengukuran Intelegensi
Kurve Normal Dalam Intelegensi
B. INTELEGENSI 1. Sejarah Intelegensi
B. INTELEGENSI2. Pengertian Intelegensi
B. INTELEGENSI3. Teori-teori Intelegensi
B. Intelegensi3. Teori-teori Intelegensi
B. INTELEGENSI3. Teori-teori Intelegensi
B. INTELEGENSI4. Pengukuran Intelegensi
B. INTELEGENSI4. Pengukuran Intelegensi
B. INTELEGENSI4. Pengukuran IntelegensiKlasifikasi IQ Menurut Stanford-Binet
B. INTELEGENSI4. Pengukuran Intelegensi
B. INTELEGENSI4. Pengukuran Intelegensi Klasifikasi IQ Menurut Wechsler
B. INTELEGENSI5. Kurve Normal Dalam Intelegensi
C. BAKAT
Sejarah Bakat
Pengertian Bakat
Bakat & Intelegensi
Pengukuran Bakat
C. Bakat 1. Sejarah Bakat
C. Bakat 2. Pengertian Bakat
C. Bakat 2. Pengertian Bakat
C. Bakat 2. Pengertian Bakat
C. Bakat 3. Bakat dan Intelegensi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s