PSIKOLOGI PENDIDIKAN 2

CONTENT

Pengertian Psikologi

Psikologi anak &
Pembelajarannya

Gaya Belajar Anak
CONTENT

Keajaiban Pembelajaran Inovatif

Landasan teori Pembelajaran
Inovatif

Model-model Pembelajaran
Inovatif

VCD Pendidikan

A. PENGERTIAN PSIKOLOGI
Psiko = Jiwa. (Manifestasinya prilaku)
Logos = Ilmu
Psikologi = Ilmu yang mempelajari jiwa .
Objek material prilaku manusia yang sedang belajar dan yang membelajarkan .
Objek formalnya situasi pendidikan yang meliputi tujuan pendidikan, anak didik, pendidikan, metode pendidikan, materi, penilaian dan konteks sosio cultural

KEGUNAAN PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Mencapai pendidikan yang efektif
Menumbuhkan pengertian yang tepat
Menimbulkan rasa senang dalam belajar
Mempengaruhi sikap siswa

KEGUNAAN PRAKTIS UNTUK GURU
Merumuskan tujuan pembelajaran secara cepat
Memilih strategi/metode pembelajaran yang sesuai
Memberikan bimbingan
Memfasilitasi dan memotivasi belajar siswa
Menciptakan iklim belajar yang kondusif
Berinteraksi secara tepat dengan siswanya
Menilai hasil pembelajaran yang adil
HAKEKAT MANUSIA DALAM PANDANGAN PSIKOLOGI
MENURUT PANDANGAN BEHAVOIRISME
MENURUT PANDANGAN PSIKOANALISIS
MENURUT PANDANGAN KOGNITIF
MENURUT PANDANGAN HUMANISTIK
MENURUT PANDANGAN PSIKOLOGI ISLAM

Jika .saya menjadi guru kelas …… maka saya akan melakukan …….. Agar murid saya mau dan senang belajar.
GURU KELAS I
BERNYANYI
KESEMPATAN KEGIAN BEBAS
JADWAL
BELAJAR SAMBIL BERMAIN/METODE
MEDIA
MOTIVASI

YEL –YEL PEMBELAJARAN
YEL-YEL UNTUK MEMULAI PEMBELAJARAN
Buat yang bisa membangkitkan semangat belajar siswa
Membuat kelas mempunyai harga diri yang tinggi, siswa bangga menjadi anggota kelas tersebut.
Melambangkan kekompakan kelas
Memunculkan rasa ingin tahu yang tinggi dari siswa
YEL –YEL PEMBELAJARAN
YEL-YEL UNTUK MEMULAI PEMBELAJARAN
Buat yang bisa membangkitkan semangat belajar siswa
Membuat kelas mempunyai harga diri yang tinggi, siswa bangga menjadi anggota kelas tersebut.
Melambangkan kekompakan kelas
Memunculkan rasa ingin tahu yang tinggi dari siswa
YEL-YEL TENTANG MATERI PEMBELAJARAN
Memudahkan siswa untuk mengingat materi pembelajaran
Membantu siswa untuk memahahi pelajaran
Memuat materi secara menyeluruh
Menggunakan irama yang sesuai dengan perkembangan anak dan materi
Menarik minat siswa untuk belajar
YEL-YEL DIAKHIR PEMBELAJARAN
Meninggalkan kesan agar siswa tetap merindukan pembelajan itu
Siswa mau mempelari lagi materi yang telah dipelajarinya
Murid mau mengerjakan tindak lanjut yang diberikan guru

Keajaiban pengajaran yang inovatif
Anda belajar bagaimana pikiran itu bekerja dan diproses hingga akhirnya mampu mempengaruhi pikiran murid dan prilakunya sesuai dengan kehendak anda
2. Anda bisa menguasai anak seperti apapun bandelnya atau sussah diatur.
3. Anda bisa menggunakan tehnik afirmasi sugesti dan visualisasi dalam menerangkan pelajaran-pelajaran di sekolah sehingga mata pelajaran yang diajarkan terasa sangat menyenangkan dan dapat diterima siswa
4. Anda bisa menjadi terapis dalam menyembuhkan berbagai macam perilaku aneh yang dialami anak didik anda.
5. Anda sebagai seorang guru lebih nyaman dalam mengajar karena setiap hari murid anda penuh antusiasme dan semangat dalam mengikuti pelajaran yang diajarkan
6. Anda sebagai seorang guru menjadi lebih baik dan dihargai, sebab murid-murid saat ini lebih tertib dan bisa diarahkan.
7. Anda pasti tersenyum bahagia setiap hari karena murid-murid anda sekarang sadar diri, bahwa belajar adalah kebutuhannya. Nilai 9 dan 10 selalu menghiasi buku-buku pr dan ujian mereka.
ANAK, PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARANNNYA
ANAK KECIL
A = AKTIF
N = NEKAD
A = AMAN
K = KREATF
K = KOMPETITIF
E = EMOSIONAL
C = CERDAS
I = IMITATIF
L = LABIL
AKTIF
Berkeinginan untuk bergerak sehingga memiliki mobilitas yang tinggi
Memegang dan menyentuh bila mendapatkan yang baru
Matanya cerah memancarkan keceriaan
Memiliki kemanpuan yang kuat untuk menfokuskan perhatian pada suatu pekerjaan.

5. Konstruktif artinya ketika diberikan mainan anak akan berusaha melakukan hal sesuai dengan permintaan
6. intelektualitas tinggi, ia memiliki tenaga, rasa,ingin tahu dan kesempatan yang lebih besar untuk mengetahui hal hal baru
7. memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan pemberani
8. bergerak dan bertindak sesuai dengan kemamuannya
9.memiliki kemauan yang keras
10. sussah untuk diajak untuk kerja sama atau sifat individual
NEKAT
Banyak bicara
Kurang suka bermain dg teman sebaya
Memiliki imajinasi yg tinggi
Berkemauan keras thd yang diingininya
Pantang putus asa/daya juang tinggi
Pemberani suka menentang kebijakan yang tidak sesuai
Tidak suka diatur
Berpola hidup mengarah/ maju
AMAN
Pendiam tidak banyak bicara
Pemalu/menarik diri dari banyak orang
Mudah menyerah/kurang percaya diri
Mudah tersinggung
Mudah terpengaruh dengan lingkungan/pendirian tidak tetap
Emosional, egois, dan asyik dg dunianya sendiri
Penurut dan tidak banyak menuntut
KREATIF
Banyak bertanya dn suka coba yg baru
Banyak bicara mau menang sendiri
Cepat dan kurang teliti
Sembrono, ulet mudah bosan
Tidak suka diatur, memilih hidup bebas
Suka tantangan, berjiwa pembelajar
Negosiatif atau pandai bernegosiasi
Pandai bergaul, supel
KOMPETITIF
Tidak mau mengalah dalam segala hal
Pemarah dan mudah tersinggung
Suka dengan pujian
Suka diperhatikan dn mencari perhatian
Suka dengan keramaian
Berdaya juang tinggi/kemauan kuat
Iri hati/selalu ingin bisa dlm segala hal
Antusiasdan hidup selalu bersemangat
EMOSIONAL
Memiliki pernasalahan berkomunikasi
Tidak suka nasehat,saran,kritik dari orang lain
Tidak bisa menerima suatu keadaan
Banyak bicara dan mendebat
Memiliki kontrol diri yang buruk
Mudah putus asa dan tersinggung
Pencuriga dan sussah diatur
CERDAS
Suka dengan keteraturan dan kerapian
Bertindak,bekerja,bicara cepat selesai
Teliti dan detail
Mementingkan penampilan/prestasi
Tidak suka keributan/tidak tenang
Berfikir/bertintak praktis singkat jelas
Antusias dan bersemangat
Disiplin dan bertanggung jawab
IMITATIF IMAJINER
Suka dengan musik
Suka bicara panjang lebar
Pandai meniru/memodifikasinya
Lucu atau banyak bergurau
Tidak suka dengan yang bersifat formal
Pandai bercerita/merekayasa keadaan
Suka membaca/mendengarkan keras
Malas/lambat menyelesaikan pekerjaan

LABIL
Rapi dan teratur
Sering menjawab pertanyaan ; ya/tidak
Pembaca cepat da tekun
Mengingat dg asosiasi visual
Suka ikut-ikutan/pendirian tdk teguh
Mudah cemas dan gusar
Penakut
pelupa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s