KULIAH BISINDO

  • APA ITU BAHASA?
  • Bahasa dan Teori Berbahasa
  • oleh
  • LILIS MADYAWATI
  • DOSEN PG-PAUD FKIP-UMM
  • TEORI BELAJAR BAHASA

vBerbahasa dan berpikir merupakan ciri utama yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya.

vKarena memiliki keduanya, maka sering disebut manusia sebagai makhluk yang mulia dan makhluk sosial.

vDengan pikirannya manusia/ anak menjelajah ke setiap fenomena yang nampak bahkan yang tidak nampak.

vDengan bahasanya, anak berkomunikasi untuk bersosialisasi dan menyampaikan hasil pemikirannya.

  • FUNGSI TEORI MENURUT ELLIS

a.Mendeskripsikan, menerangkan, menjelaskan tentang fakta. Contohnya fakta bahwa mengapa air laut itu asin.

b.Meramalkan kejadian-kejadian yang akan terjadi berdasarkan teori yang sudah ada.

c.Mengendalikan yaitu mencegah sesuatu supaya tidak terjadi dan mengusahakan supaya terjadi.

ØBelajar adalah acquiring or getting knowledge of a subject or a skill by study, experience, or instruction (pemerolehan ilmu melalui belajar, pengalaman, pelatihan)

ØDengan kata lain teori belajar bahasa adalah gagasan-gagasan tentang pemerolehan bahasa.

  • Menurut Oemar Hamalik (2001: 154),

Prinsip Belajar Meliputi:

1.Dilakukan dengan sengaja

2.Harus direncanakan sebelumnya dengan struktur tertentu.

3.Guru menciptakan pembelajaran buat siswa.

4.Memberikan hasil tertentu buat siswa.

5.Hasil-hasil yang dicapai dapat dikontrol dengan cermat.

6.Sistem penilaian dilaksanakan secara berkesinambungan.

  • TEORI TENTANG BELAJAR BAHASA

Menurut Mc Lauglin, (1993:43) Fungsi teori adalah untuk membantu kita mengerti dan mengorganisasi data tentang pengalaman dan memberikan makna yang merujuk dan sesuai.

1.Behaviorisme,

2.Nativisme,

3.Kognitivisme,

4.Fungsional (interaksionis)

5.Konstruktivisme.

6.Humanisme

  • TEORI BEHAVIORISME John B. Watson (1878-1958) dari Amerika

qTeorinya memusatkan perhatiannya pada aspek yang dirasakan secara langsung pada perilaku berbahasa serta hubungan antara stimulus dan respons pada dunia sekelilingnya.

qMenurut teori ini, semua perilaku, termasuk tindak balas (respons) ditimbulkan oleh adanya rangsangan (stimulus). Jika rangsangan telah diamati dan diketahui maka gerak balas pun dapat diprediksikan. Watson juga dengan tegas menolak pengaruh naluri (instinct) dan kesadaran terhadap perilaku.

qJadi setiap perilaku dapat dipelajari menurut hubungan stimulus – respons.

Contoh: Bayi dan tikus

Awalnya bayi ini gembira. Ketika bayi ingin pegang tikus, kala itu juga dibunyikan lonceng. Akhirnya bayi tersebut menjadi penakut terhadap tikus.

  • Teori Behavior Skinner (1957)
  • Kemampuan berbicara dan memahami bahasa diperoleh melalui rangsangan lingkungan. Anak hanya merupakan penerima pasif dari tekanan lingkungan. Anak tidak memiliki peran aktif dalam perilaku verbalnya.
  • Menurut Skinner, perilaku verbal adalah perilaku yang dikendalikan oleh akibatnya. Bila akibatnya itu hadiah, perilaku itu akan terus dipertahankan. Kekuatan serta frekuensinya akan terus dikembangkan. Bila akibatnya hukuman, atau bila kurang adanya penguatan, perilaku itu akan diperlemah atau pelan-pelan akan disingkirkan.
  • Pavlov berpendapat bahwa pembelajaran merupakan rangkaian panjang dari respons-respons yang dibiasakan.
  • Teori Nativisme atau mentalistik

Pemerolehan bahasa pada manusia tidak boleh disamakan dengan proses pengenalan yang terjadi pada hewan. Mereka tidak memandang penting pengaruh dari lingkungan sekitar. Selama belajar bahasa pertama sedikit demi sedikit manusia akan membuka kemampuan lingualnya yang secara genetis telah terprogramkan. Dengan perkataan lain, mereka menganggap bahwa bahasa merupakan pemberian biologis sejak lahir.

  • Chomsky (Ellis, 1986: 4-9)

Mereka merupakan tokoh Teori Nativisme mengatakan bahwasannya hanya manusialah satu-satunya makhluk Tuhan yang dapat melakukan komunikasi lewat bahasa verbal. Selain itu bahasa juga sangat kompleks oleh sebab itu tidak mungkin manusia belajar bahasa dari makhluk Tuhan yang lain. Chomsky juga menyatakan bahwa setiap anak yang lahir ke dunia telah memiliki bekal dengan apa yang disebutnya “alat penguasaan bahasa” atau LAD (language Acquisition Device).

  • Teori Kognitivisme

Jika pendekatan kaum behavioristik bersifat empiris maka pendekatan yang dianut golongan kognitivistik lebih bersifat rasionalis. Konsep sentral dari pendekatan ini yakni kemampuan berbahasa seseorang berasal dan diperoleh sebagai akibat dari kematangan kognitif sang anak. Mereka beranggapan bahwa bahasa itu distrukturkan atau dikendalikan oleh nalar manusia.

  • Pendekatan Kognitif Menjelaskan Bahwa:

Ø dalam belajar bahasa, bagaimana kita berpikir,

Ø belajar terjadi dari kegiatan mental internal dalam diri kita,

Øbelajar bahasa merupakan proses berpikir yang kompleks.

  • Pola Tahapan Proses Belajar Bahasa (Sesuai Umur)
  1. a) Asimilasi: proses penyesuaian pengetahuan baru dengan struktur kognitif

b)Akomodasi: proses penyesuaian struktur kognitif dengan pengetahuan baru

c)Disquilibrasi: proses penerimaan pengetahuan baru yang tidak sama dengan yang telah diketahuinya.

d)Equilibrasi: proses penyeimbang mental setelah terjadi proses asimilasi.

  • Teori Fungsional (interaksionis)

Bahasa merupakan manifestasi kemampuan kognitif dan efektif untuk menjelajah dunia, untuk berhubungan dengan orang lain dan juga keperluan terhadap diri sendirisebagai manusia. Lebih lagi kaedah generatif yang diusulkan di bawah naungan nativisme itu bersifat abstrak, formal, eksplisit dan logis, meskipun kaidah itu lebih mengutamakan pada bentuk bahasa dan tidak pada tataran fungsional yang lebih dari makna yang dibentuk dari makna yang dibentuk dari interaksi sosial.

  • Menurut Slobin Teori Fungsional (Interaksionis)

1)Pada asas fungsional, perkembangan diikuti oleh perkembangan kapasitas komunikatif dan konseptual yang beroperasi dalam konjungsi dengan skema batin konjungsi

2)Pada asas formal, perkembangan diikuti oleh kapasitas perseptual dan pemerosesan informasi yang bekerja dalam konjungsi dan skema batin tata bahasa.

  • Teori Konstruktivisme (Jean Piaget dan Leu Vygotski)

vAhli kontruktivisme menyatakan bahwa manusia membentuk versi mereka sendiri terhadap kenyataan, mereka menggandakan beragam cara untuk mengetahui dan menggambarkan sesuatu untuk mempelajari pemerolehan bahasa pertama dan kedua.

vSiswa dapat benar-benar memahami konsep ilmiah dan sains karena telah mengalaminya.

Dalam kerjanya, ahli konstruktif menciptakan lingkungan belajar yang inovatif dengan melibatkan guru dan pelajar untuk memikirkan dan mengoreksi pembelajaran. Untuk itu ada dua hal yang harus dipenuhi, yaitu:

1)Pembelajar harus berperan aktif dalam menyeleksi dan menetapkan kegiatanbelajar yg menarik dan memotivasi pelajar,

2)Harus ada guru yang tepat untuk membantu pelajar-pelajar membuat konsep-konsep, nilai-nilai, skema, dan kemampuan memecahkan masalah.

  • Teori Humanisme

Tujuan utama dari teori ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa agar bisa berkembang di tengah masyarakat.

Teori humanisme menurut Coombs (1981):

Pengajaran disusun berdasarkan kebutuhan-kebutuhan dan tujuan siswa

1)Memberi kesempatan kepada siswa untuk mengaktualisasikan dirinya untuk menumbuhkan kepercayaan dirinya.

2)Pengajaran disusun untuk memperoleh keterampilan dasar (akademik, pribadi, antar pribadi, komunikasi, dan ekonomi).

3)Memilih dan memutuskan aktivitas pengajaran secara individual dan mampu

4)Mengenal pentingnya perasaan manusia, nilai, dan persepsi. suasana belajar yang menantang dan bisa dimengerti.

5)Mengembangkan tanggung jawab siswa, mengembangkan sikap tulus, respek, dan menghargai orang lain, dan terampil dalam menyelesaikan konflik.

  • Penutup

Berdasarkan uraian di atas, dapat kita simpulkan bahwa dalam proses belajar bahasa dapat ditinjau dari berbagai teori yang kesemuanya masuk akal. Yang terpenting bagi kita dengan adanya teori-teori tersebut dapat membantu kesulitan bagi mereka yang sedang belajar bahasa sehingga dapat memaksimalkan kemampuan mereka seperti yang kita harapkan.

APA ITU BAHASA?
Bahasa dan Teori Berbahasa

oleh
LILIS MADYAWATI

DOSEN PG-PAUD FKIP-UMM

TEORI BELAJAR BAHASA
Berbahasa dan berpikir merupakan ciri utama yang membedakan manusia dengan makhluk lainnya.
Karena memiliki keduanya, maka sering disebut manusia sebagai makhluk yang mulia dan makhluk sosial.
Dengan pikirannya manusia/ anak menjelajah ke setiap fenomena yang nampak bahkan yang tidak nampak.
Dengan bahasanya, anak berkomunikasi untuk bersosialisasi dan menyampaikan hasil pemikirannya.
FUNGSI TEORI MENURUT ELLIS
Mendeskripsikan, menerangkan, menjelaskan tentang fakta. Contohnya fakta bahwa mengapa air laut itu asin.
Meramalkan kejadian-kejadian yang akan terjadi berdasarkan teori yang sudah ada.
Mengendalikan yaitu mencegah sesuatu supaya tidak terjadi dan mengusahakan supaya terjadi.

Belajar adalah acquiring or getting knowledge of a subject or a skill by study, experience, or instruction (pemerolehan ilmu melalui belajar, pengalaman, pelatihan)
Dengan kata lain teori belajar bahasa adalah gagasan-gagasan tentang pemerolehan bahasa.
Menurut Oemar Hamalik (2001: 154),
Prinsip Belajar Meliputi:
Dilakukan dengan sengaja
Harus direncanakan sebelumnya dengan struktur tertentu.
Guru menciptakan pembelajaran buat siswa.
Memberikan hasil tertentu buat siswa.
Hasil-hasil yang dicapai dapat dikontrol dengan cermat.
Sistem penilaian dilaksanakan secara berkesinambungan.
TEORI TENTANG BELAJAR BAHASA
Menurut Mc Lauglin, (1993:43) Fungsi teori adalah untuk membantu kita mengerti dan mengorganisasi data tentang pengalaman dan memberikan makna yang merujuk dan sesuai.
Behaviorisme,
Nativisme,
Kognitivisme,
Fungsional (interaksionis)
Konstruktivisme.
Humanisme

TEORI BEHAVIORISMEJohn B. Watson (1878-1958) dari Amerika
Teorinya memusatkan perhatiannya pada aspek yang dirasakan secara langsung pada perilaku berbahasa serta hubungan antara stimulus dan respons pada dunia sekelilingnya.
Menurut teori ini, semua perilaku, termasuk tindak balas (respons) ditimbulkan oleh adanya rangsangan (stimulus). Jika rangsangan telah diamati dan diketahui maka gerak balas pun dapat diprediksikan. Watson juga dengan tegas menolak pengaruh naluri (instinct) dan kesadaran terhadap perilaku.
Jadi setiap perilaku dapat dipelajari menurut hubungan stimulus – respons.
Contoh: Bayi dan tikus
Awalnya bayi ini gembira. Ketika bayi ingin pegang tikus, kala itu juga dibunyikan lonceng. Akhirnya bayi tersebut menjadi penakut terhadap tikus.
Teori Behavior Skinner (1957)
Kemampuan berbicara dan memahami bahasa diperoleh melalui rangsangan lingkungan. Anak hanya merupakan penerima pasif dari tekanan lingkungan. Anak tidak memiliki peran aktif dalam perilaku verbalnya.
Menurut Skinner, perilaku verbal adalah perilaku yang dikendalikan oleh akibatnya. Bila akibatnya itu hadiah, perilaku itu akan terus dipertahankan. Kekuatan serta frekuensinya akan terus dikembangkan. Bila akibatnya hukuman, atau bila kurang adanya penguatan, perilaku itu akan diperlemah atau pelan-pelan akan disingkirkan.
Pavlov berpendapat bahwa pembelajaran merupakan rangkaian panjang dari respons-respons yang dibiasakan.
Teori Nativisme atau mentalistik

Pemerolehan bahasa pada manusia tidak boleh disamakan dengan proses pengenalan yang terjadi pada hewan. Mereka tidak memandang penting pengaruh dari lingkungan sekitar. Selama belajar bahasa pertama sedikit demi sedikit manusia akan membuka kemampuan lingualnya yang secara genetis telah terprogramkan. Dengan perkataan lain, mereka menganggap bahwa bahasa merupakan pemberian biologis sejak lahir.
Chomsky (Ellis, 1986: 4-9)
Mereka merupakan tokoh Teori Nativisme mengatakan bahwasannya hanya manusialah satu-satunya makhluk Tuhan yang dapat melakukan komunikasi lewat bahasa verbal. Selain itu bahasa juga sangat kompleks oleh sebab itu tidak mungkin manusia belajar bahasa dari makhluk Tuhan yang lain. Chomsky juga menyatakan bahwa setiap anak yang lahir ke dunia telah memiliki bekal dengan apa yang disebutnya “alat penguasaan bahasa” atau LAD (language Acquisition Device).
Teori Kognitivisme
Jika pendekatan kaum behavioristik bersifat empiris maka pendekatan yang dianut golongan kognitivistik lebih bersifat rasionalis. Konsep sentral dari pendekatan ini yakni kemampuan berbahasa seseorang berasal dan diperoleh sebagai akibat dari kematangan kognitif sang anak. Mereka beranggapan bahwa bahasa itu distrukturkan atau dikendalikan oleh nalar manusia.
Pendekatan Kognitif Menjelaskan Bahwa:
dalam belajar bahasa, bagaimana kita berpikir,
belajar terjadi dari kegiatan mental internal dalam diri kita,
belajar bahasa merupakan proses berpikir yang kompleks.

Pola Tahapan Proses Belajar Bahasa (Sesuai Umur)
Asimilasi: proses penyesuaian pengetahuan baru dengan struktur kognitif
Akomodasi: proses penyesuaian struktur kognitif dengan pengetahuan baru
Disquilibrasi: proses penerimaan pengetahuan baru yang tidak sama dengan yang telah diketahuinya.
Equilibrasi: proses penyeimbang mental setelah terjadi proses asimilasi.
Teori Fungsional (interaksionis)
Bahasa merupakan manifestasi kemampuan kognitif dan efektif untuk menjelajah dunia, untuk berhubungan dengan orang lain dan juga keperluan terhadap diri sendirisebagai manusia. Lebih lagi kaedah generatif yang diusulkan di bawah naungan nativisme itu bersifat abstrak, formal, eksplisit dan logis, meskipun kaidah itu lebih mengutamakan pada bentuk bahasa dan tidak pada tataran fungsional yang lebih dari makna yang dibentuk dari makna yang dibentuk dari interaksi sosial.
Menurut SlobinTeori Fungsional (Interaksionis)
Pada asas fungsional, perkembangan diikuti oleh perkembangan kapasitas komunikatif dan konseptual yang beroperasi dalam konjungsi dengan skema batin konjungsi
Pada asas formal, perkembangan diikuti oleh kapasitas perseptual dan pemerosesan informasi yang bekerja dalam konjungsi dan skema batin tata bahasa.
Teori Konstruktivisme(Jean Piaget dan Leu Vygotski)
Ahli kontruktivisme menyatakan bahwa manusia membentuk versi mereka sendiri terhadap kenyataan, mereka menggandakan beragam cara untuk mengetahui dan menggambarkan sesuatu untuk mempelajari pemerolehan bahasa pertama dan kedua.
Siswa dapat benar-benar memahami konsep ilmiah dan sains karena telah mengalaminya.
Dalam kerjanya, ahli konstruktif menciptakan lingkungan belajar yang inovatif dengan melibatkan guru dan pelajar untuk memikirkan dan mengoreksi pembelajaran. Untuk itu ada dua hal yang harus dipenuhi, yaitu:
Pembelajar harus berperan aktif dalam menyeleksi dan menetapkan kegiatanbelajar yg menarik dan memotivasi pelajar,
Harus ada guru yang tepat untuk membantu pelajar-pelajar membuat konsep-konsep, nilai-nilai, skema, dan kemampuan memecahkan masalah.

Teori Humanisme
Tujuan utama dari teori ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa agar bisa berkembang di tengah masyarakat.
Teori humanisme menurut Coombs (1981):
Pengajaran disusun berdasarkan kebutuhan-kebutuhan dan tujuan siswa
Memberi kesempatan kepada siswa untuk mengaktualisasikan dirinya untuk menumbuhkan kepercayaan dirinya.
Pengajaran disusun untuk memperoleh keterampilan dasar (akademik, pribadi, antar pribadi, komunikasi, dan ekonomi).
Memilih dan memutuskan aktivitas pengajaran secara individual dan mampu
Mengenal pentingnya perasaan manusia, nilai, dan persepsi. suasana belajar yang menantang dan bisa dimengerti.
Mengembangkan tanggung jawab siswa, mengembangkan sikap tulus, respek, dan menghargai orang lain, dan terampil dalam menyelesaikan konflik.
Penutup
Berdasarkan uraian di atas, dapat kita simpulkan bahwa dalam proses belajar bahasa dapat ditinjau dari berbagai teori yang kesemuanya masuk akal. Yang terpenting bagi kita dengan adanya teori-teori tersebut dapat membantu kesulitan bagi mereka yang sedang belajar bahasa sehingga dapat memaksimalkan kemampuan mereka seperti yang kita harapkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s